Tuesday, July 21, 2015

KTP Hilang di Bandara!

Yeah judulnya lebay... Or not!
Musim mudik Lebaran dan KTP hilang di airport itu bikin sumpek. Dengkul lemes, ngga kebayang harus bikin Laporan Kehilangan di Kantor Polisi, ngurus ke RT, Kadus, Kelurahan, dan (kabarnya bisa lebih cepet) ke Catatan Sipil. OMG. Ngga kebayang berapa lama waktu yang harus disisihkan untuk segala kerepotan itu. Belum lagi musim libur lebaran, artinya semua urusan pemerintahan pasti libur lah. Tidaaaaaaak! *toweweng weweng weng! 

Jadinya semua daya dan upaya dikerahkan supaya sebisa mungkin KTP ketemu sebelum bener-bener kudu menjalani perjalanan panjang dari kantor ke kantor.

Langkah 1:
Cari tahu info tentang Barang Hilang. Via Sosmed, dapet info tentang no telpon bagian Lost and Found Bandara. Dapet? Dapet! Dapet nomer telponnya xD 2 nomor telpon yang dikasih, sampe 40 kali ditelpon, diangkat cuma sekali. 
'Ada yang bisa dibantu?'
"Ya, mbak. Saya mau mencari KTP saya yang hilang, apa ada yang menemukan disana?"
'Nomor telponnya berapa, Bu?'
"*bahagia, akhirnya nemu orang yang helpful* Nomor telpon saya 08xxxxx, Mbak."
'OK. Saya catat, KTP ya, nanti dihubungi kalau ketemu.' 
"Terima kasih, Mbak."
*klik, telpon ditutup*

Ah lega... But waiiiitttt.... Dia ngga nanya namaku atau nama di KTP. Trus gimana caranya dia tahu kalo dia menemukan KTPku? Tidaaaaaak. xD Aku tertipu. Hiks hiks...

Langkah 2:
Telpon lounge, minta tolong dicariin, siapa tahu jatuh di lounge. Yang ini lebih helpful, tapi sayangnya ngga ketemu.
"Mohon maaf, Ibu, kami tidak menemukan KTP atas nama Ibu. Malah menemukan KTP atas nama orang lain."

Baiklaaaaah.... Terima kasih. Yang ini beneran helpful, walau hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Langkah 3:
Kembalilah ke Bandara! Cari disana. Pengalaman membuktikan: tanya sama help desk di dalem terminal. There are lots and lots of KTP/SIM/etc yang ketinggalan/jatuh. Trust me on this. Nanya ke bagian informasi atau ke keamanan will only make you wanna sit down and cry. 

Mereka ngga punya SOP tentang kehilangan 'barang kecil' such as ID card. But hey, ternyata Mas dan Mbak di Help Desk nyimpenin loh. Konon ada satu titik lagi yang bisa dicoba, tanya sama bagian cek identitas di sebelum pemeriksaan x-ray menjelang boarding gates. Di sana juga ada banyak yang kececer ternyata.

Kalau ini ngga ketemu juga, ya berdoa aja, semoga ada orang baik yang mengirimkan/nganterin ke rumah.

Hasil browsingan tentang KTP-KTP kececer di Bandara kemarin ini bikin tanda tanya dan ide:
1. Kenapa pihak maskapai nggak punya SOP tentang KTP tercecer/hilang? Padahal kan banyak kejadian dan ini merepotkan lho kalo harus ngurus lagi.
2. Akan lebih bagus kalo dalam SOP tertulis bahwa ID card yang tercecer akan  dikirimkan ke alamat yang tertera. Iya nggak sih?

Last but not least, don't ever lost your KTP. :)




2 comments:

MamaNyu said...

KTPku dikirimin lho sama hotel.. lali tenan aku yen ninggal KTP. hahaha

Anonymous said...

How To Bet On Soccer 2021 - Live Soccer Odds
Betting odds are what you want to see on soccer matches. Betting on soccer games 메리트카지노 has matchpoint never been so easy, so how to bet bet365 on soccer is always a