Thursday, July 23, 2009

Selamat Hari Anak Indonesia...

Pagi-pagi baca koran, baru sadar kalo tgl 23 Juli ini adalah Hari Anak Nasional. Penting nggak penting sebenernya. Karena ada nggak adanya hari ini nampaknya nggak berpengaruh banyak sama kondisi anak-anak kita.

Anyway, kasihan ya anak-anak jaman sekarang. Nggak punya lagu anak yang lucu-lucu, ndak bisa playon di sawah, nyusur kali, nguluk layangan di lapangan, etc. Nonton tipi yang tayangan anak pun iklannya naudzubillah.

Malam ini tangan nggak bisa lepas dari remote TV, setelah beberapa hari nggak masang TV akibat kebosanan pada siaran TV yang memuncak, akhirnya nonton lagi. Kenapa nggak bisa lepas dari remote? Nggak bisa menikmati satupun acaranya siiiih. Sinetron, sinetron, sinetron, film lepas ala sinetron, berita pemilu, berita bom, sinetron, iklan, kids' choice award.... (More about sinetron later.)

Aku mau nulis tentang acara not-so-like-Kids' Award di salah satu setasiun TV. OMG. Cuma nonton beberapa menit, dan sudah begitu banyak nilai minusnya (sepertinya kalo nonton lebih lama juga tetep bakalan minus, sulit sekali untuk berpositif thinking!) Pembawa acara yang pakaiannya begitu mininya sampe keliatan dalemannya, konsep acara yang nggak 'kids' banget. Ini Kids apa Teens? Mosok Kids dikasih lagunya Vierra? Saat Terakhirnya ST12?? I really don't mind kalo penontonnya teenagers. Oh ada lagi, nominasi aktris wanita terbaik: Luna Maya, Shireen Sungkar, Agnes Monica, Cinta Laura. Weeeeeeee??? Iki sing anak-anak endiiiiiiiiii????? AAAAAARRRGGGHHHHHHH GGGRRROOOOAAAAAARRRRR!!

Dan ketika mbak Luna Maya diumumkan sebagai pemenang, Olga pun ikutan narik2 mas Ariel buat nemenin mbak e ke atas panggung untuk menerima award. Lebaaaaay nih orang satu, nggak penting banget deeeh, yang menang sapa juga. Daaaaannn.... masak anak2 itu dikasih aba-aba untuk bilang "cium cium cium...." Gyaaaaaa.... Luna yang tadinya udah bilang, ini anak-anak lhoooo... akhirnya cipika cipiki sama mas e. Weeeeee, langsung puyeng dan skip to another channel. GYAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!! Poor those children.

Now, on one of my favorite topic, Sinetron. Ampuuuuuun. Indonesia dijajah Isabella aka Manohara. Begitu banyak sinetron isinya ke-jiran2an. Dengan cerita full KDRT. Ngeri aku ngebayangin besok anak-anak yang nemenin ibu-ibunya nonton sinetron2 macam itu gedenya kayak apa. *sedih*. Bintang-bintang sinetron itu perasaannya gimana sih? Do they shut their feeling? Money matter, eh? Mbok bikin cerita tentang kehidupan orang-orang diluar Jawa. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Timor, Papua, dsb.

Duluuuuu, jaman TVRI masih single fighter, aku pernah nonton film yang diputer di Hari Anak, ceritanya tentang anak di Sumatera (atau Jawa ya?) yang mainan layangan, terus layangannya putus, dan dia ngejar layangan itu, terus-terus dan terus, dari Sabang sampai Merauke. Endingnya? Ya anak itu dapet layangannya dan ternyata dia cuma bermimpi. But still, sederhana tapi menarik dan dalem. Anak-anak jadi dikenalkan dengan kebudayaan yang berbeda-beda dan juga pertemanan & saling tolong menolong antar anak-anak berbeda suku. So sweet... Kapan film Indonesia bisa bikin film seperti itu lagi?

Sepertinya ketika waktunya tiba, aku akan menyerah pada cable TV dulu. Dora, Diego, Wonderpets, Bob the Builder, dkk mungkin akan lebih baik daripada siaran TV yang katanya buat anak-anak. Time for kids channel on cable TV, i guess. *sigh* jer basuki mawa bea tenan. Oh world!

8 comments:

okta zaida said...

loh, dik ariel dan dik luna kan memang masih anak2. buktinya, masih hobi main kucing2an :p

sunett said...

beberapa orang dewasa menyatakannya sebagai "menjaga privacy."

bung2 said...
This comment has been removed by the author.
bung2 said...

Aku tak bangga pd Indonesia soal yang gini2an *sedih*

Hmmm...i doubt that our media world will turn back like the old times, Sun. *sedih lg*

sunett said...

Iya, Bung. Ah, tapi aku optimis.
One day.. one day...

astyka said...

yup.. mesakke tenan cenan cah cilik jaman saiki.. wis tipine di dol wae.. :D

ya nyatanya emang yg menang itu2 juga.. brarti cen cah saiki senengane sik ngono kui..

ups, kok aku kelewatan bagian keliatan dalemannya ya??? wah salah waktu ini tampaknya..

sunett said...

@astyka:
Anak sekarang nggak punya pilihan. Mau milih siapa lagi?
Adanya ya itu. Waktunya kita kasih pilihan (yg lebih baik) untuk anak2. Agree?

MamaNyu said...

agree!! bikin tv buat anak nyokkk... urunan satus2.. :)) setelah itu baru deh bikin anak..
emang sapa pamer daleman tik?? kok kalian nonton gituan sih??