Thursday, September 20, 2007

Dublin Castle

Kemaren, aku, Palm, ma Alma, jalan2 ke Dublin Castle.
If any of you wondering, kenapa isinya cuma jalan2..kapan belajarnya? Well.. kelas bahasa Inggrisku ditiadakan...so..daripada bengong kademen, we're better moving, jalan2...dan ya... begitulah :D

OK.. back to Dublin Castle..

Untuk student, masuk dan keliling museum ini (Guided Tour) kena 3.50 Euro.. (Tapi kalo punya Dublin Heritage Card, nggak bayar... geblegnya, kita baru sadar setelah bayar... mwahahahah).

Kastil ini adalah Kastil Anglo-Norman. (Apa itu? Aku juga nggak jelas.) Belum bisa nanya Mbah Gugel, lha wong durung duwe access... hi hi.. pokok e diterima dulu apa adanya ya ceritaku.. wis ora dak dobosi wis.. tur mbuh nek aku didobosi karo mas pemandu wisata, aku yo gak ngerti :P

Sebelum mulai turnya, foto dulu ama Queen Elisabeth dan Prince Albert hi hi


Kenapa kursinya kecil2? I don't have any idea... aku kok jadi kayak raksasa yo? :P Padahal aku harusnya kecil lho... oh iya.. soalnya kursi ini kursi buat Chaperone.. jadi emang kecil2.. saake tenan nasib e Chaperone, padahal majikanne kursine gudhe2..

Salah satu lorong, yang udah direstorasi.

Lemari ini isinya kristal.. opo yo jenenge? Swarowski? Yoh pokoke kristal sing terkenal dan mahal itu... Aku belum pernah punya, jadi ya nggak inget namanya huu huu

Kata Mas Pemandu... "Well folks.. ini berfungsi untuk menjaga mukanya cewek2 biar nggak meleleh karna terkena panas api dari perapian. Jaman dulu, mukanya cewek2 bangsawan ditemplok make wax.. biar putih, so, kalo kena' panas dari perapian, bisa meleleh." (Dari dulu, perempuan itu kenapa jadi obyek "aneh2" ya? Penting nggak sih make wax??? Plis deh! Mau jadi anggota Museum Madame Tussaud berjalan?)

Nah... kalo yang ini... Ini buat ngaca sebelum dansa.. cek make up dulu.. Apa cowok2nya ya pada sabar nungguin ngaca dulu? Hey guys.. kaliyan apa sabar disuruh nungguin cewek dandan lama2? Ato memang harusnya gitu ya? *have no clue*

Chandelier ini beratnya 1,5 ton. Dulu sih emang make lilin, sekarang udah diganti lampu. By the way, ini namanya "sesuatu Unity" (lali aku) Karena ada lambang Ireland, England, Scotland (pokok e nggak ada Wales, karena Wales itu dipimpin Prince, dan bukan Raja.)

Aku mau kursi ini satu... He he he.. "Folks.. jaman dulu, kursi ini dipake buat PDKT dan pacaran. Jadi, the boy and the girl duduk di ujung, dan di tengah2 adalah chaperonenya..jadi pembicaraan terkontrol dan terawasi." (Hmm.. asyik ya? ^_^ ) "Untungnya sekarang udah nggak kayak gini, I don't think it's productive." Mwahahahaha.. iyalah, kalo dillihat dari sisi population, emang enggak produktif sama sekali wakakakak!

Mbak Justice... Ganjil, karena nggak make blindfold dan membelakangi kota. Kenapa?

Gambaran Wall of Dublin... Gereja yang didalem tembok, itu Christchurch dan yang diluar tembok itu St. Patrick. Kenapa begitu? Kata masnya.. Ini kata masnya lho.. "It's all about the money." Jadi pungutan didalem tembok buat arcbishop Christchurch, sedangkan yang di luar tembok... di kota2 kecilitu, jatahnya archbishop di St.Patrick.

Bagian base dari tower yang udah runtuh. Kenapa banyak koin disitu? "I have no idea why people throw coins, since this tower never been blessed by any bishops or saints."

Tebelnya 3,5 meter. Kalo nggak salah, sama dengan beteng di Jogja ya? Oh ya, teknologi yang dipake orang-orang Anglo itu juga make straw dan egg white buat pelekat batu2nya, mirip sama Taman Sari :D Kalo orang2 Viking enggak gitu.. embuh batunya diapain, masnya njelasin, tapi aku ra dong :P

Ada dua lengkungan disini, yang atas (lihat di bagian kanan) enggak kuat menahan beban..jadinya dibuat lengkungan baru (yang bawah). Sebenernya ini untuk jalan kapal, tapi pada saat Blackdeath, jalan sungai ditutup, karena disangka sebagai penyebab penyebaran penyakit, padahal penyakitnya karna tikus. Populasi dalem tembok menurun hingga 50% dan baru bisa recover 150 tahun kemudian.

Where's my knight with shining armor?? Wis nyicil, megang pedangnya dulu mwahahahah

Nah..kalo yang ini, aku sama Palm langsung teriak.. "Wall's" tapi si Alma bilang "Olanda"! Dan orang Eire bilang.. "HB". Huu huu.. mana Conello Royale rasa Blackforest tercinta???

3 comments:

MamaNyu said...

klambimu lucuu..

MamaNyu said...

gek diupdate to blognya..

betewe, besok kalo kamu nikah mukanya ditemploki wax aja.. kaya putri2 Irlandia gitu.. trus pestanya pake api unggun.. hehe.. pasti seru liat wajah meleleh.. =D

Anonymous said...

good share, great article, very usefull for us...thanks!