Tuesday, January 30, 2007

Kok Gitu?

Tadi sore lihat berita di Jogja TV. There's something menggelitik. Katanya di rumahnya Om Sam baru aja dibuka pusat rehabilitasi buat sekitar 5ribu tentaranya yang cacat karna perang Irak. Rata2 pada kena ranjau. Terus diliatin gitu tentara2nya yg masih muda2. Ada yang mukanya jadi cacat, buta, enggak punya tangan, enggak punya kaki. Mereka semua kayaknya masih kroco2 (karo ngeliat seragamnya). In contrast, banyak orang2 berpangkat (lagi2 diliat dari seragamnya) yang udah sepuh2 juga ada di sana.

Di background sekilas kedengeran kata2 yg intinya "kalian enggak boleh putus asa karena kalian udah gak punya badan yang sempurna lagi. kalian harus bangga dengan apa yang sudah terjadi. it's an honour... bla bla (gak kedengeran)"

Well..well.. aku nggak bisa ngebayangin ya.. mereka berangkat ke Irak dalam kondisi utuh, bertubuh sehat. Lha pulang2? Kan eman2 to Om..Om.. kalo youngsters nya dikirim ke Irak buat setor nyawa ato setor badan? Kalo mereka in a perfect shape seperti dulu kan gak usah repot2 bikin pusat rehabilitasi yg fasilitasnya lengkap buat mereka. Mbok pusat rehab nya buat orang2 cacat. Kalo ngerasa kelebihan duit ya mbikinin pusat rehab buat anak2 di Afrika yang tangan/kakinya buntung (refer to Blood Diamond-that movie). Just let the Iraqi rule their own world. Paling nggak, mereka kan yang punya rumah. Mo diancurin kayak apa juga, pasti nanti bakalan dibangun lagi. Siapa tahu malah lebih keren dari pada sebelumnya.

Enggak tahu deh.. bingung aku...

No comments: