Monday, March 10, 2008

Friendster dalam Bahasa*


Baru aja utik2 FS yang nggak ada apa2nya itu... Dan agak kaget juga, karena ternyata FS menyediakan menu Bahasa (Indonesia)... pertanda sangat populernya FS di Indonesia ^^
Hmm.. agak lucu.. pembaruan terbaru... what the &^%^& is that? I wonder, gimana mereka menerjemahkan It's complicated (pake TM di belakangnya) :P

*judul e wagu banget ya? Emang susah mau make bahasa Indonesia yang baik dan benar!

Thursday, March 06, 2008

Nggak Kuat Beli Tiket


Inilah nasib kalo orang kebelet nonton liga Champions, apa daya, tiketnya mahal sekaleeee... Uuuh... saya kan pelajar tamu, masak harus jadi member dulu biar bisa nonton di tribun utama dengan harga 20 Ero? Meanwhile, kalo non member, untuk duduk di kelas 3 aja mbayarnya 60 Ero.

Ya wis... trimo ra nonton... ato nonton dari balik jeruji?

*pic dari kameranya Yong.
Easy Yong, we'll watch another match, once we back in Dublin. Croke Park, again? Yayyy!!!

Tuesday, March 04, 2008

Penonton Enggak Puas

disclaimer: saya ini penonton cerewet, banyak maunya, dan sangat gampang terharu.

Pasti udah bisa nebak ya, film apa yang mau dibahas. Yoi.. nggak salah. Tadi siang akhirnya kesampean juga nonton Ayat-ayat Cinta V 0.5. Berkat kemajuan teknologi (dan pembajakan *hadduhhh*). And this is what I thought....

Sebelum nonton
Bingung...ini pilem cepet amat dibajaknya? Segitu hebohnyakah?Hmmm... udah mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk: amat sangat kecewa. Lha gimana, udah nunggu2 ini pilem dari jaman nggak enak, dan kata temen2 di Indonesia sana, juga nggak diputer2, alias molor terus. Otakku bilang... ada apa2nya ni pilem sampe nggak selesei2. Dan setelah nemu tulisannya sang sutradara--curhatannya tepatnya--keinginan untuk menonton semakin gembos. Entah kenapa, kok interpretasiku sama curhatannya mas sutradara itu agak nggak bisa positif. Seolah2 dianya pengen membela diri sebelum palu dijatuhkan... "nih lho, bikin pilemnya tuh susah, ada masalah A, B,C, D, ..... YZ, ZZ, aku sebagai manusia udah berusaha sebaik-baiknya, jadi ntar kalo kamu2 pada nggak terima, ya....diterima aja deh... nggak usah bunyi2." ha ha ha... soooooooo nggak banget deeeh. 

Pas nonton
Seperti dugaan, nggak sesuai ekspektasi. Tapi ya sudahlah, nerima kok, namanya juga interpretasi orang. Satu yang bikin kecewa, melencengnya ini cerita kejauhan. Gimana ya, beberapa pembaca buku ini yang pernah ngobrol2 sama aku ngomong, walaupun tokoh Fahri itu nggak realistik, tapi tokoh ini menggambarkan/mencontohkan hal-hal yang sederhana tapi kadang kita nggak sadar/nggak tahu (walopun terus jadi agak over gara2 semua cewek nempelllllll padanya.... iiiidddiiiiihhhh.) Walo dibilang tokoh Fahri dalam filem jadi lebih membumi, menurutku pesan yang sebenernya belum sampe. Sedih banget, waktu lihat tokoh Fahri jadi cowok plin plan nggak jelas, Aisyah jadi seperti cewek manja yang emosional. "Kita kan punya duit." Syaaahhh... apa pula ini... kolokan sekali. Piye yo, memang tokoh dalam buku itu very very unreal, tapi ya let it be lah. 

Mungkin... ini cuma mungkin.. untuk beberapa perempuan, karakter Khadijah, Fatimah, dan Aisyah, para perempuan utama, terlalu jauh, jembatannya belum sampe. Jadi dengan adanya tokoh Aisyah di novel itu, sedikit tergambar lah... dan mereka semakin mendekati yang ingin didekati. 

Pegel aku... Aisyah..bercadar, tapi nggak pake kaos kaki (tergantung mahzab-kah?). Masak auratnya keliatan di depan polisi2 Mesir (pas Fahri *dijemput*)? Nurul, nggak jauh beda sama cewek2 tanggung yang hobinya ngeliatin foto2 boysband.  Terus lagi adegan dia minta dilamarin Fahri ke Pakdhenya... haduuuuu kayak minta diajak ke Dufan aja. Maria... aaahh...sudahlah, yang tadinya tokoh ini menampar2 aku yang muslimah, sekarang jadi biasa banget. Ngga berasa...kepindahannya itu karena cintanya ama Fahri ato karena Alloh. Di filem mah feeling yang didapet cenderung karena Fahri.... baaaahhh. 

Errr... ada satu temenku sempet ngomong... ini muslimah2nya kenapa alisnya pada tipis2 ya? Bukannya jelas tuh hukumnya?

Pegel pangkat lima... tokoh Fahri jadi kayak oportunis sejati... 

All in all... another-teen-romance movie! Sayang sekali... too bad. Satu lagi kesempatan dakwah terlewatkan (siapa aku ini, berani2nya ngomongin dakwah!) Cinta.... cinta... 

Uhuuukk... Indonesia? Nggak punyakah pemeran yang bisa lebih menjiwai? Kenapa kesannya cuma dipakein baju/cadar aja...terus udah jadi. Huuu huuu... 

Satu poin yang bagus dari pilem ini... pengambilan gambarnya. Enak dilihat lah. Jadi tetep menghibur walaupun ceritanya halah halah! Still, berasa India banget... kagak di Mesir.

Hmmm... another question, aku lagi nggak pegang bukunya sekarang. Tapi bukannya di buku itu, waktu ijab, Aisyah nya di kamar? Nggak dipajang di *panggung* tempat ijab? 

the Aftermath...
Ya sudahlah... begini saja. Besok pulang, nyoba nonton aselinya... Kita lihat... berasa beda nggak, yang katanya belum diedit, belum dimasukin suara waktu baca Quran (seeeddddiiiiiihhh.... masak baca Quran aja tampak palesu bangeeeetttt!)... tetep aja... poin2 yang saya sebutkan diatas bukan bahasa verbal/audio, tapi bahasa gambar. Hmm... pembelaan diri apa lagi ya dari mas sutradara kita?

Lagi lagi cinta... lagi lagi cuma segitu doang... digali lebih dalem dikit, napa?

PS. not even a single tears... aku merasa sangat rugi... seharusnya aku punya alasan untuk menitikkan air mata... ternyata... none.. nada!

...dan penonton kecewa...
...dan penonton engga puas!

updated:
habis browsing forum2 yang membahas pilem ini. ada yang suka banget sama versi filemnya, karena versi novel tokoh2nya terlalu super (angelic kalo menurutku). Well, if only they know my friends, they will know, that orang-orang seperti itu memang ada... dan bener2 ada! Walau dengan segala kekurangannya sebagai manusia, but still, they are great. Hmm.. too bad buat mereka yang nggak pernah ketemu orang2 hebat ini.

Monday, March 03, 2008

Maskapai Makin Matre

Sekarang mau milih kursi aja pake acara mbayar. Hmm..ya udah, nggak usah milih, bawa kursi sendiri aja sekalian! Baru aja tahu... padahal akhir tahun lalu kayaknya belum deeeeee!

Exit seat 15 Euro? Halah... jadi kalo mau lari duluan dari pesawat mbayar 15 Euro ya? Beuhhhh... Terus yang kelas2 kambing gini, disuru lari belakangan gitu? Hiiiiaaaaaaa

Owh iya, bagi penghuni Dublin... harga2 naik oooiii... sumpah, baru ditinggal hampir 9 minggu aje tiket kereta naik, tiket bus naik, mwaaaaaaaa... gawat gawat...